Kenangan Ramadhan di Masa Kecil

by - 2.6.16

Marhaban ya Ramadhan.....
Ramadhan Mubarak.....


Insya Allah Ramadhan 1437 H tinggal beberapa jam saja di Indonesia.
Insya Allah selalu suka cita setiap menyambut bulan penuh berkah ini. Menurut Bapa, Ibu, sama AA sih, dari kecil saya selalu senang setiap menjelang Ramadhan. Mungkin yang saya pikirkan dulu hanya soal makanan soalnya saya bisa request makanan apapun yang saya mau tanpa dilarang-larang sama Ibu. Kalau buat sekarang sih misalnya saya jadi Handphone yang dicas setiap kali habis batre. Ramadhan selalu berhasil charge ibadah saya supaya jadi lebih baik lagi. Tidak hanya  itu, segala hal keduniawian juga bikin saya seneng kalau di bulan ini. Suasananya luar biasa. Bukan duniawi yang negatif yaaa, tapi yang Positif. hhoho. 


Ramadhan saya di masa kecil banyak diceritakan oleh ibu. Kata ibu, saya mulai sedikit batal shaum waktu kelas Satu SD. Untuk pertama kalinya saya shaum penuh dengan batal yang sangat minim, hanya 4 sampai 6 hari. Tadi waktu saya tanya soal shaum saya ini kepada ibu, ibu cerita dengan semangat katanya waktu itu, saya pulang sekolah sambil menangis kepada ibu. Ternyata saya saat itu  melihat seorang teman yang tidak berpuasa bawa air dingin di botol minumnya (terbayangkan gimana segarnya air dingin di botol, ada bulir-bulir air di luar tempat minumnya). Saya bilang mau minum air dingin. Ibu mencoba mengalihkan perhatian saya dengan menyuruh saya tidur. Tapi saya langsung lari ke kulkas, minum segelas air dingin sama makan buah melon 3 potong dan kembali mendatangi ibu dengan berkata "dede udah minum sedikit, sekarang puasa lagi ya". Ibu cuman mengangguk-angguk, lalu memang benar saya tidak makan dan minum lagi sampai magrib tiba. hhihi

Saya jadi nostalgia nih, tapi memang tujuan dari tulisan ini adalah nostalgia Ramadhan saya saat kecil sih. hhoho. Saya waktu kecil lebih pecicilan daripada sekarang, kalau kata AA saya waktu kecil adalah cengos (Bahasa Sunda: menyebalkan tapi menggemaskan  :p). Setiap menjelang magrib, saya kerjanya hanya melihat makanan di meja makan. Jadi Bapa suka mengajak saya olahraga keliling rumah sambil bernyanyi-nyanyi. Kami baru memelankan langkah saat musik di televisi sudah memperdengarkan musik syahdu menjelang adzan. Saat itu, Bapa pasti menghitung langkah kami dari pintu rumah ke arah televisi, jadi begitu adzan sudah duduk manis di depan tv sambil mendengarkan adzan sambil iftar.


Saya ingat betul setiap kali Ramadhan mau datang, Bapa dan Ibu membelikan monopoli, ular tangga, ludo. Bapa malah pernah membuatkan papan permainan benteng-bentengan. Waktu masuk jaman PS, PS nya baru bebas dimainin pas Ramadhan juga. Di hari pertama puasa pasti main berempat. Buat hari selanjutnya biasanya main sama AA atau main sama teman-teman dekat rumah. Saya juga rajin taraweh ke mesjid waktu kecil. Kalau anak lain kesempatan main di malam hari, saya lebih memilih tetap disebelah ibu buat solat, kalaupun lagi mengantuk, saya paling tidur-tiduran saja di sajadah. Pas taraweh saya paling suka mengganggu Ma Entut soalnya ema paling sering beraktivitas sambil nundutan. hahaha


Seperti kebanyakan anak kecil di Bulan Ramadhan, saya sama AA adalah orang yang paling susah untuk sahur. AA sih yang lebih susah dibangunkan :p. Saya sama Aa paling hobi makan sahur sambil memejamkan mata. Seinget saya, saya mulai bisa cenghar makan sahur ketika ada acara Yuk Kita Sahur di SCTV lalu mulai makin sadar ketika ada sinetron Para Pencari Tuhan. Jadi semangat sahur dengan motivasi tambahan TV. Habis subuh biasanya ikut-ikutan ibu mengaji lalu menonton ulangan sinetron lorong waktu. Mungkin dari kecil, sudah dibiasakan oleh ibu supaya tidak tidur lagi sesudah solat subuh yaa. Mungkin...

Saya pernah juga disangka hilang sama keluarga gara-gara saya pulang ngabuburit kesorean. Jadi waktu itu, saya disamper dua teman saya buat ngabuburit jam setengah enam. Iyah ngabuburit jam setengah enam!. Rencananya mau keliling komplek menggunakan sepeda. Jadilah kita pergi hingga di titik terjauh dari rumah saya, akhirnya adzan berkumandang. Langsung buru-burulah kita karena rumah saya adalah rumah yang paling jauh, jadilah saya mengayuh sendirian. Lagi asyiknya buru-buru, tiba-tiba ban sepeda jadi berat...sampai akhirnya berbunyi melengking padahal rumah saya tinggal 3 belokan lagi :(. Jadi saya dorong sampai rumah dengan haus yang mendera (aihhh). Sampai rumah, Ibu sudah sibuk menelepon rumah teman-teman saya buat mencari saya. Akhirnya, saya kapok pergi ngabuburit JAM SETENGAH ENAM. 

Dan entah kenapa ketika menulis kenangan ini, saya jadi ingat di bulan Ramadhan di bangku SMP (bukan masa kecil sih tapi saya ingat jadi saya tulis saja :p), ketika itu lagi pesantren kilat, saya "ditembak" teman sekelas. Lalu ketika mulai libur sekolah, ada teman sekelas saya yang lain memberikan boneka Sponge Bob yang katanya dibeli jauh-jauh dari Jakarta. #blushing
masa kecil adalah masa paling menyenangkan kata mereka, masa kecil adalah masa paling indah kata mereka, tapi semua Ramadhan adalah menyenangkan kata saya,semua Ramadhan juga indah kata saya,
Insya Allah, Ramadhan tahun ini will be the best I ever had
Semoga Allah meng-indah-kan segalanya di Ramadhan ini.

 Aamiin.



You May Also Like

0 comments