Catatan: Atomic Habits - James Clear

by - 14.2.24

 CATATAN KECIL

Atomic Habits

By

James Clear



Read in Januari - February 2024


Favorite Quote

Kebiasaan tidak membatasi kebebasaan. Kebiasaan justru meciptakannya. 

Ringkasan 

  1. Banyak orang beranggapan bahwa untuk perubahan menjadi lebih baik, memerlukan upaya yang besar juga. Namun pada faktanya perubahan dapat diraih dengan melakukan upaya merubah kebiasaan yang seringkali kali dianggap kecil dan remeh. 

  2. Dasarnya manusia selalu ingin mendapat hal maksimal dengan effort minimal, maka upaya berubah yang sedikit demi sedikit dan dimulai dari hal yang mudah bagi diri kita  menjadi kunci karena hal seperti ini yang membutuhkan pengorbanan dan sumber daya lebih sedikit. Namun yang perlu digaris bawahi adalah progres sedikit demi sedikit ini perlu dilakukan secara istiqomah atau konsisten. 

  3. Langkah pertama sebelum ingin meningkatkan atau menghilangkan kebiasan tentu kita harus mengetahui ingin jadi seperti apa kita ini. Impact apa yang kita harapkan, bukan sekedar tujuan karena yang terpenting dari merubah diri jadi lebih baik versi diri kita sendiri adalah proses meraihnya bukan sekedar tujuan/output yang dicapai. 

  4. Setelah mengetahui tujuan dan impact yang diharapkan, dalam mendorong progres ini, James Clear mencatat 4 langkah agar kebiasaan baik diulang yaitu dengan menjadikannya terlihat, menarik, mudah, dan memuaskan. Disisi lain, kebiasan buruk kebalikannya harus dijadikan dijadikan tidak terlihat dengan mengurangi paparan yang akan menghasilkan kebiasan buruk, menjadikannya sulit, dan menjadikannya mengecewakan. Hal ini berlaku untuk semua perubahan kecil hingga besar yang diimpikan dan dari perubahan diri sendiri maupun tim/organisasi karena langkah yang diajarkan buku ini adalah general yang bisa diterapkan dalam upaya perubahan apapun ke arah lebih baik. Untuk konteks pribadi misalnya, ingin baca buku lebih banyak, ingin pandai public speaking,  ingin meraih cita-cita besar seperti meraih gelar Phd, sampai misi hidup terbesar dunia akhirat. 

  5. Urgensi evaluasi rutin karena setiap progres perubahan perlu peninjauan dan penilaian. Dalam evaluasi progres sekecil apapun perlu dirayakan dan kemunduran sekecil apapun harus disadari. Progres ini perlu terekam agar kita lebih mengenal diri sendiri dan mempunyai pegangan dalam menentukan langkah perubahan selanjutnya. 

You May Also Like

0 comments